cara menumbuhkan inner strength pada anak
Edukasi

Pentingnya Menumbuhkan Inner Strength Pada Anak

Dalam dunia psikologi inner strength memiliki arti kekuatan dari dalam atau potensi yang dimiliki. Baik itu berupa rasa percaya diri maupun membangun karakter berani dan kuat.

Yang mana inner strength pada anak penting untuk digali sedini mungkin. Alasannya karena setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Untuk itu, orang tua harus membantu anak dalam menumbuhkan inner strength untuk kebaikan di masa depan.

Alasan Harus Menumbuhkan Inner Strength Pada Anak

Pada dasarnya anak memiliki potensi dan karakter yang berbeda. Yang mana setiap potensi yang anak miliki harus didukung juga dengan kekuatan dari dalam.

Hal tersebut karena dalam proses mengembangkan potensi tidak selalu berjalan mulus. Akan ada hari dimana anak harus melalui jatuh bangun kehidupan. Dengan memiliki inner strength maka anak bisa melaluinya.

Untuk itu kekuatan dari dalam harus dibangun sejak anak masih kecil. Tentunya secara perlahan dan bertahap karena perlu proses yang panjang dalam menumbuhkan inner strength buah hati

Dari pengalaman saat ini, terlebih Si Bule yang memiliki sifat pemalu jika berada di luar rumah membuatku sebagai ibu harus bisa membantu si kecil dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Memang bukan perkara yang mudah dan butuh effort yang cukup besar.

Akan tetapi agar anak bisa tumbuh dengan karakter yang kuat dan memiliki keberanian perlu dukungan yang tiada henti dari orang tua. Hal ini akan membantu anak saat menjalani kegiatan sehari-hari di sekolah kelak dan dewasa kelak.

Cara Menumbuhkan Inner Strength

gali potensi dalam menumbuhkan inner strength anak

Jujur aku memiliki PR yang cukup besar dalam menumbuhkan rasa percaya diri si kecil. Karena Si Bule bisa dikatakan jago kandang. Kalau di rumah dia sangat aktif dan super bawel. Pun saat ada temannya main ke rumah, dia berkomunikasi dengan lancar.

Akan tetapi, kalau sudah di luar rumah jadi anak pendiam. Di sekolah pun seperti itu dia tidak menunjukan karakter yang biasa ditunjukan ketika di rumah. Bahkan cenderung lebih suka mengikuti yang temannya lakukan.

Seperti, mengikuti lomba mewarnai kala itu. Sebelum lomba aku sudah diskusi dengan si kecil bahwa bunga Sakura berwarna pink. Sedangkan hasilnya dia mencampur warna lain karena temannya juga menggunakan warna lain.

Sebetulnya bukan hal yang aneh, karena setiap anak punya imajinasinya tersendiri. Hanya saja ketika yang dilakukan bukan dari keinginannya ini menjadi hal yang menurutku perlu diperbaiki.

Aku tidak ingin si kecil nantinya menjadi anak yang tidak bisa menunjukan karakternya hanya karena ikut-ikutan. Untuk itu cara yang bisa orang tua lakukan dalam menumbuhkan potensi dan karakter anak, yaitu:

1. Menghargai Anak

Setiap anak itu unik dan menarik dan sebagai orang tua maupun keluarga lain yang berada di rumah harus bisa menghargai potensi dalam diri anak. Orang tua tidak bisa memaksakan kehendak anak harus bisa A, harus menjadi B, dan sebagainya.

Akan tetapi, kenalilah potensinya dan bantu dalam mengembangkan potensi tersebut. Dengan begitu secara perlahan karakter kuat dan positif akan muncul dari dalam diri buah hati. Karena, dia sudah dihargai dan mendapatkan dukungan dari orang yang dicintainya.

2. Sabar Menghadapi Anak

Menghadapi anak itu perlu kesabaran dan hati yang penuh lapang dada. Karena, terkadang anak melakukan hal yang tidak baik padahal sudah diberi pengertian atau peringatan. Walau begitu, layaknya orang dewasa ketika rasa ingin tahunya lebih besar maka akan lupa dengan petuah.

Untuk itu, sabarlah dan tidak bosan dalam mengajak anak untuk selalu berdiskusi dalam banyak hal. Termasuk dalam memberi peringatan kepada anak-anak yang cenderung lebih sulit diatur.

3. Mengajarkan Anak untuk Bisa Mengontrol Diri

Pastinya sering mendengar komentar bahwa wajar saja anak-anak mendorong temannya atau suka marah-marah. Sayangnya emosi negatif yang muncul pada diri anak tidak bisa dikatakan sebagai hal yang wajar.

Orang tua harus bisa mengajarkan kepada anak cara mengontrol emosi. Apa yang harus dilakukan saat kesal sehingga tidak melakukan hal buruk kepada orang lain. Di sini orang tua bisa memberikan pengertian apa konsekuensinya jika melakukan hal yang tidak baik.

Dengan begitu, saat anak mampu mengontrol dirinya dengan baik maka akan tumbuh menjadi anak yang memiliki inner strength kuat. Yang mana kekuatan itu akan menjadi hal yang positif bukan negatif.

4. Mengajarkan Empati

Kekuatan dalam diri anak bukan sekedar untuk membuat anak merasa percaya diri, tangguh dan kuat. Akan tetapi akan menumbuhkan rasa empati atau peduli terhadap orang lain.

Ketika anak memiliki rasa empati maka akan tumbuh menjadi anak yang bisa menghargai orang lain. Hal ini sangat penting bagi masa depannya.

5. Memberikan Apresiasi Pada Anak

Setiap anak akan merasa senang jika mendapatkan apresiasi terhadap setiap pencapaian yang berhasil dilakukan. Apa pun bentuk apresiasinya akan membantu anak dalam menumbuhkan karakter kuat dalam mengembangkan potensi dan cita-citanya.

Masih banyak cara yang bisa orang tua lakukan dalam menumbuhkan inner strength pada anak. Terpenting lakukan secara perlahan karena setiap anak berbeda. Ada yang mudah dalam menunjukan rasa percaya diri, ada juga yang memerlukan proses panjang.

Dukung Inner Strength Anak di BISKUAT ACADEMY

biskuat academy dukung inner strength anak

Mendukung potensi anak bisa membantu dalam menumbuhkan inner strength dengan baik. Apa pun potensinya sebisa mungkin sesuai dengan harapan dan cita-cita anak. Termasuk anak-anak yang memiliki potensi dalam sepak bola.

Yang mana tidak hanya skill yang harus anak miliki, tetapi rasa percaya diri dan karakter yang kuat sangat penting. Mengingat olahraga sepak bola merupakan olahraga tim yang memerlukan komunikasi baik setiap anggota.

Untuk itu BISKUAT ACADEMY hadir bagi anak-anak yang ingin mengembangkan bakatnya dalam bidang olahraga sepak bola sekaligus menumbuhkan inner strength dari dalam diri. BISKUAT ACADEMY sendiri sebagai wadah untuk mendukung potensi anak dalam bidang non akademik.

Seperti video di bawah ini yang menunjukan seorang pelatih mendukung mimpi anak-anak yang menyukai bola hingga mampu membuat perubahan bagi hidup anak-anak tersebut. Dari mimpi yang kecil hingga menjadi besar dan anak-anak memiliki kekuatan dalam dirinya.

Jadi, buat orang tua yang memiliki anak dan memiliki potensi dalam sepak bola tidak ada salahnya mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY. Karena, ini merupakan salah satu bentuk dukungan orang tua dalam menghargai dan mengapresiasi potensi anak.

18 Komentar

  • YSalma

    Pengaruh teman sangat besar ya terhadap anak, jangankan anak yang masih di bawah 10 tahun, anak remaja dewasa aja juga masih begitu. Penting banget menumbuhkan inner strength anak sedini mungkin. Untung ada Biskuat Academy yg dapat membantu para bunda dan anak.

  • T. Retno

    Bagus bangeeeet ini cara menumbuhkan inner strength. Terus terang aku sering miris lihat orang (nggak cuma anak-anak) yang kemampuan intelektualnya bagus alias pinter tapi nggak ada empatinya sama orang lain. Mengubah yang udah telanjur berusia dewasa dan tua mungkin susah, tapi pada anak-anak bisa kita tumbuhkan. Semoga empati mereka tumbuh subur.

  • Bambang Irwanto

    Setuju sekali, Mbak. Setiap anak sudah terlahir dengan keistimewaan masing-masing, dengan kelebihan masing-masing. Nah, inner strength inilah yang harus kita bantu bangun dengan anak. Misalnya anak punya potensi menulis, harus terus didorong dan diberi semangat, karena anak-anak kadang masih ada bosannya juga. Jadi perlu sekali peran serta orang lain.

  • hallowulandari

    suka banget baca tips-tips parenting kekinian yang merangkul anak, agak berbeda sama beberapa parenting kolot jaman dulu yaa. Banyak banget pelajaran dan insight baru buat mendidik anak di jaman sekarang

  • Yuni Bint Saniro

    Menumbuhkan inner strength anak memang nggak mudah. Apalagi yang jago kandang. Kayak adikku tuh. Dia tuh pemalu banget kalau di luar rumah. Beda banget kalau di dalam rumah. Meski dia seringnya mengurung diri di dalam kamarnya. Kalau nggak diminta ke luar kadang dia bisa betah seharian lho, Kak…

  • Fenni Bungsu

    Dukungan dari keluarga kepada anak agar inner strength nya bertumbuh memang penting dilakukan, agar kedepannya saat dewasa bisa melangkah lebih percaya diri

  • Mei Daema

    Bagus bagus ya programnya Biskuat ini, sekarang Biskuat Academy, pastinya akan mendorong anak-anak geenrasi mudah untuk semakin berkembang dna memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengasah dan melatih bakat mereka sehingga mental berjuang dan belajarnya jadi semakin meningkat

  • Yonal Regen

    Program Biskuat Academy ini memang keren, bisa membantu para orang tua dalam mengembangkan potensi inner strength anak dengan program sekolah bola onlinenya yang menggunakan kurikulum dan pelatih terbaik

  • Monica Anggen

    Inner strength ini jadi modal anak kelak ya, makanya perlu diasah sedini mungkin. Dan apresiasi juga penting, mengajarkan anak untuk mencintai dirinya sendiri. Suka tulisan ini, dan suka juga sama biskuat. Cemilan teman minum teh nih

  • Damar Aisyah

    Perjalanan menumbuhkan Inner Strength anak termasuk salah satu fase penting sekaligus menguras energi selama mengasuh anak-anak. Tapi prinsipnya harus sabar dan tidak mudah menyerah karena proses setiap anak berbeda.

  • Arni

    Setiap anak istimewa. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Daripada sibuk mengomentari kekurangannya yang akhirnya akan membuat dia makin minder, mungkin sebaiknya justru kelebihannya itu yang dimaksimalkan sehingga menjadikannya tumbuh lebih percaya diri

  • wiwid nurwidayati

    selain memang biskuitnya enak, kini biskuat ngadain biskuat acaedmy. Itu pun bisa kita lihat di youtube loh. jadi dimanapun berada bisa ikut biskuat academy. btw memang penting banget meningkatkan inner sterngth pada anak, bukan melulu tentang prestasi akdemik sekolah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *