manfaat membaca buku bagi anak
Tips

5 Manfaat Membaca Buku Bagi Anak

Parent, pasti pernah dengar jika minat baca di Indonesia masih renda padahal manfaat membaca buku itu sangat besar. Terutama bagi anak-anak. Akan ada banyak hal yang akan si kecil dapatkan.

Bahkan ketika buah hati dalam kandungan, Ibu dapat membacakan buku cerita. Hal ini karena cabang bayi usia 3 bulan dapat mendengarkan suara dari luar. Dari percakapan sampai suara musik. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Association for Psychological Science bayi dalam kandungan usia 6 bulan dapat merasakan emosi Ibu.

Oleh sebab itu, ciptakanlah momen ini menjadi momen terbaik bagi cabang bayi. Seperti membacakan buku cerita dan lainnya.

Apa Manfaat dari Membaca Buku?

Membaca buku memberikan manfaat yang luar biasa bagi anak karena dapat membantu dalam tumbuh kembangnya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengenalkan buku walau si kecil belum bisa membaca.

Seperti pengalamanku saat ada yang berkomentar sinis karena aku selalu membelikan buku untuk Si Bule. Sejak kecil Si Bule memang sudah aku belikan buku anak-anak. Ada yang berpendapat anak belum bisa membaca buat apa dibelikan buku.

Hoho… Tidak seperti itu juga! Sebaliknya untuk menumbuhkan minat baca pada anak harus dikenalkan dulu wadahnya yaitu buku. Perihal bisa atau tidak membaca, sebagai orang tua kita bisa membacakan buku untuk anak.

Sebagai Ibu aku juga berkomitmen untuk mengenalkan buku cerita anak walau belum bisa membaca sendiri. Karena momen membacakan buku untuk anak akan menjadi momen istimewa yang tidak akan terlupakan dan dapat menciptakan bonding kuat.

Jadi Parent, untuk lebih paham manfaat membaca untuk anak silahkan cek poin-poin di bawah ini.

membaca buku anak

1. Menambah Wawasan

Dari membaca buku anak akan mendapatkan informasi baru yang belum diketahuinya. Semakin banyak membaca atau mendengarkan orang tua membacakan buku maka bertambah juga wawasannya. Dimana informasi baru yang diterima otak anak akan membantu dalam tumbuh kembangnya.

2. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Manfaat membaca buku akan meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Hal tersebut karena setiap informasi baru yang diterima akan menciptakan rasa penasaran yang tinggi, sehingga anak akan membuat inovasi baru dari imajinasinya.

3. Meningkatkan Bonding Orang Tua dan Anak

Ikatan yang kuat antara orang tua dan anak tidak datang begitu saja. Melainkan orang tua harus mencari cara yang tepat seperti melakukan pijat bayi dan membacakan buku untuk si kecil. Semakin sering momen berdua dengan si kecil maka akan menghasilkan bonding kuat.

4. Menciptakan Pengalaman Baru

Selain menambah wawasan, manfaat dari membaca buku akan memberikan experience baru yang menyenangkan bagi si kecil. Anak akan belajar banyak hal tentang kehidupan sosial seperti kapan waktunya meminta maaf dan berterima kasih.

5. Membentuk Pola Perilaku

Untuk menumbuhkan karakter anak maka salah satu caranya dari membaca buku. Bacakanlah buku yang memiliki nilai sosial tinggi agar pola perilaku anak dapat terbentuk secara alami.

Demikianlah 5 manfaat membaca buku bagi anak. Jika ada yang mau ditambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya, Parent.

Jangan sungkan untuk mengenalkan anak pada cerita-cerita yang sesuai dengan usianya. Apalagi akses untuk membaca selain buku fisik bisa melalui online. Karena, saat ini tersedia perpustakaan digital yang dapat Parent akses secara gratis.

Yuk, sama-sama biasakan anak membaca sejak kecil agar menjadi sebuah kebiasaan baik hingga dewasa kelak.

19 Komentar

  • Efa Butar butar

    Setuju banget Ka kalau baca bikin imajinasi dan kreativitas lebih meningkat. Jadi inget masa kecil dulu setelah baca majalah bobo, ada aja DIY dadakan yang pingin dicoba. Wkwk. Sampe mau bikin ramuan ala nirmala dari rumput layu. Hahahha

  • maya rumi

    buatku mba agak pr membiasakan anak untuk membaca buku, karena anaknya lebih tertarik main game, sehingga minat bacanya kurang. berbeda sekali dengan keponakanku yang minat bacanya lebih tinggi, dia senang sekali baca buku wlpun orang tuanya tidak pernah mengenalkan buku bacaaan.

    namun membaca buku buat anak-anak tetap ada manfaatnya salah satunya sepengalamanku membantu anak2 memperlancar membaca terutama untuk kata-kata dengan tambahan imbuhan, menambah banyak kosakata baru dan mengetahui tanda baca dibuku sehingga cara membaca buku bisa lebih baik dan benar.

  • Yeni Sovia

    Allhamdulillah mba aku sudah mengenalkan buku pada anak saya sejak dia bayi dengan nyeritain buku pada anak. Apalagi sebelum tidur malam. Ada banyak sekali manfaat membacakan buku cerita pada anak, yang sangat terasa ama aku anak aku jadi lebih cepet bisa ngomong dan lebih cepet lagi bisa membacanya. Allhamdulillah

  • Dennise Sihombing

    Dari kecil hingga sekarang saya masih suka membaca buku. Rasanya ada yang kurang ya tanpa membaca. Dan kebiasaan ini tertular dari ibu saya dan anak-anak. Mereka tidak pernah saya paksa tetapi kesukaannya membaca menjadikan mereka kritis, smart dan memiliki daya hayal yang tinggi. Si kecil putriku senang buat tulisan fiksi semua dimulai dari kesukaannya membaca

  • Sumiyati Sapriasih

    Membaca memang sangat penting buat anak anak, untuk melatih kecerdasan daya pikir, kita juga bisa berdiskusi dengan anak apalagi kalau jalan ceritanya ada yang tidak dipahami oleh anak, jadi kita sebagai orang tua harus menjelaskan

    • Yanti

      Aku setuju banget nih dengan membaca membentuk pola perilaku dan yang pasti dengan membaca akan meningkatkan kecerdasan anak juga dlu saat anakku kecil kita suka baca buku bareng2 dan interaksi juga ada karna anak banyak bertanya

  • Nathalia DP

    Yup, yang penting itu cinta buku dulu ya… Plus meningkatkan bonding juga… Dipuas-puasin membacakan buku buat anak mumpung masih mau, soalnya anak saya yang besar udah enggak suka dibacain, maunya baca sendiri…

  • lendyagassi

    Dengan membiasakan membacakan buku bagi anak-anak, maka pertumbuhan dan perkembangan dari sisi psikologis juga baik yaa.. Aku jadi ingat kalau masa kecilku diwarnai dengan bercerita kisah imajinasi oleh Ibu. Rasanya kini kalau diingat jadi bahagia sekali.

  • Diah Alsa

    setuju banget Mbak, justru sejak kecil anak harus didekatkan dengan buku agar mereka jadi suka dengan buku, nantinya mereka pun jadi suka dengan baca buku 🙂
    gak perlu nunggu anak bisa baca dulu baru dibelikan buku, dari bayi dibelikan buku juga jadi kebiasaan baik 🙂

  • Sapti nurul hidayati

    Memang manfaat membaca itu banyak banget ya, selain menambah wawasan juga membuat anak lebih dekat dengan orang tua juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *